Minggu, 22 September 2013

Home » » [review] Remember Me

[review] Remember Me

June 18, 2013   ·   
 
Remember Me (1) 

Dontnod Entertainment, berapa banyak gamer yang pernah mendengar nama developer yang satu ini sebelumnya? Namun popularitas bukanlah standar yang valid untuk menentukan seberapa baik game yang dihasilkan, setidaknya di mata salah satu publisher raksasa asal Jepang – Capcom. Lewat kerjasama keduanya, sebuah game action dengan tema futuristik – Remember Me diperkenalkan dan akhirnya dirilis ke pasaran beberapa waktu yang lalu. Segudang trailer dan screenshot memesona membuatnya masuk ke dalam jajaran salah satu game yang paling diantisipasi di tahun 2013 ini. Pertempuran tangan kosong dalam sebuah dunia open world? Gamer mana yang tidak akan tertarik untuk segera menjajalnya.

Namun konsep ini ternyata tidak berakhir seperti yang diharapkan. Anda yang sudah membaca preview kami sebelumnya tentu sudah mendapatkan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Remember Me. Alih-alih tampil sebagai sebuah game open world, Remember Me lebih pantas disebut sebagai sebuah game action platformer yang terhitung linear. Dunia yang dibangun memang merepresentasikan suasana futuristik dengan sangat baik, namun tidak memberikan kebebasan apapun. Tetapi kesan pertama ini tidak menghalangi kami untuk menjelajahi dunia Neo Paris lebih dalam.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Remember Me? Mengapa kami menyebutnya sebagai game dengan potensi yang tidak tergali?

Plot

Selamat datang di Neo Paris 2048. Kemajuan teknologi telah membuat masyarakat berinteraksi dengan cara yang berbeda. Tidak hanya robot, tetapi juga mengandalkan pengalaman pada pertukaran memori.
Selamat datang di Neo Paris 2048. Kemajuan teknologi telah membuat masyarakat berinteraksi dengan cara yang berbeda. Tidak hanya robot, tetapi juga mengandalkan pengalaman pada pertukaran memori.
Selamat datang di Neo Paris 2084, dimana kemajuan teknologi telah membuat dunia futuristik bekerja dengan skema yang bahkan berada jauh dari bayangan kita. Tidak hanya para robot yang kini bergerak sebagai instrumen utama untuk membantu manusia mencapai hidup yang lebih efektif dan efektif, dunia kini juga menemukan satu cara baru untuk mendefinisikan kebahagiaan: Memori. Ingatan kini menjadi salah satu komiditi dan tulang punggung masyarakat modern di Neo Paris. Alih-alih harus bergerak dan mengalami setiap pengalaman bahagia sendiri, teknologi kini memungkinkan manusia untuk mengadopsi memori orang lain untuk menciptakan sensasi yang sama. Tidak hanya itu saja, mereka juga dengan mudahnya menghapus semua kenangan buruk yang tidak lagi mereka inginkan. Memori kini tak ubahnya sebuah data.

Lantas siapa yang diuntungkan dengan teknologi dan ketergantungan yang satu ini? Tentu saja Memorize – sebuah perusahaan global yang memperkenalkan dan memonopoli pasar ingatan ini. Dengan menggunakan teknologi Sensation Engine (Sensen) yang diadopsi oleh sekitar 99% populasi dunia, Memorize tidak lagi sekedar menjadi kekuatan ekonomi terbesar di dunia, namun perusahaan yang memiliki pengaruh kuat hampir di semua sektor kehidupan. Kekuasaan tanpa batas dan kontrol membuat Memorize membuat mereka mampu melakukan apapun yang mereka inginkan, bahkan mengendalikan arah  masyarakat dunia. Hanya satu kelompok yang berani bertahan dan bertempur. Sebuah kelompok yang disebut Memorize sebagai teroris, sebuah kelompok yang menamakan dirinya “Errorist”.

Terbangun di sebuah instalasi milik Memorize, Nilin berhasil melarikan diri berkat bantuan misterius dari Edge. Sebagai konsekuensinya? Ia kehilangan sebagian besar memori yang ia miliki.
Terbangun di sebuah instalasi milik Memorize, Nilin berhasil melarikan diri berkat bantuan misterius dari Edge. Sebagai konsekuensinya? Ia kehilangan sebagian besar memori yang ia miliki.
Menyadari dirinya merupakan bagian dari organisasi "Errorist" yang memiliki agenda untuk menghancurkan Memorize, Nilin kembali memulai pertempurannya.
Menyadari dirinya merupakan bagian dari organisasi “Errorist” yang memiliki agenda untuk menghancurkan Memorize, Nilin kembali memulai pertempurannya.
Nilin terbangun di salah satu pusat tahanan Memorize dengan ingatan yang terancam terhapus secara total. Namun di titik yang kritis, ia mendengar suara “Edge” yang memintanya untuk menyelamatkan diri dan lari dari penjara Bastille. Kehilangan sebagian besar ingatan, lemah, dan harus bertempur melawan para Leapers – kelompok yang kecanduan memori, Nilin akhirnya berhasil bertemu dengan Tommy di sudut kota Neo Paris. Lewat Tommy dan Edge lah, Nillin membuka sedikit tabir misteri tentang identitasnya. Perannya sebagai Errorist di masa lalu membuatnya menjadi target utama dan berujung pada penahanannya di Bastille. Mendapatkan kembali senjata, kekuatan, dan sedikit memorinya, Nilin siap untuk beraksi kembali dan memperjuangkan dua agenda utamanya: Menghancurkan Memorize dan mendapatkan kembali ingatannya secara penuh.

Tidak hanya untuk kepentingan Errorist, perang yang dikobarkan Nillin juga demi mendapatkan kembali memorinya yang ditawan oleh Memorize.
Tidak hanya untuk kepentingan Errorist, perang yang dikobarkan Nillin juga demi mendapatkan kembali memorinya yang ditawan oleh Memorize.
Kejutan apa yang menanti Nillin? Siapa dia sebenarnya? Apa sebenarnya tujuan Errorist dan Memorize?
Kejutan apa yang menanti Nillin? Siapa dia sebenarnya? Apa sebenarnya tujuan Errorist dan Memorize?

Mampukah Nilin melakukannya? Lantas apa sebenarnya agenda utama Memorize dengan monopoli dan kekuasaan yang mereka miliki? Siapa sebenarnya Edge? Apa pula agenda utama Errorist yang sesungguhnya? Semua jawaban dari pertanyaan ini tentu saja bisa Anda dapatkan dengan memainkan Remember Me ini.

Tantangan Besar di Mekanisme Battle

Remember Me menawarkan mekanisme battle yang unik dan menantang.
Remember Me menawarkan mekanisme battle yang unik dan menantang.
Membantu Errorist untuk menghancurkan Memorize, Nillin bukanlah sekedar pejuang biasa yang akan dapat dengan mudah ditaklukkan, ia seorang Memory Hunter. Kemampuan bertarung tangan kosongnya mungkin menjadi nilai tambah, namun kekuatannya untuk tidak hanya mencuri, tetapi juga memodifikasi memori orang lain lah yang akan menjadi kunci utama untuk menaklukkan Memorize. Satu yang pasti, fitur-fitur yang berhubungan ingatan inilah yang membedakan Remember Me dengan sebagian besar game serupa di luar sana.

Tidak perlu jauh-jauh seberapa unik dan menyegarkan konsep yang ditawarkan oleh game Capcom yang satu ini. Anda bisa mendapatkan atmosfer ini hanya dari mekanisme pertarungan tangan kosong yang disuntikkan Dontnod di dalamnya – Pressen. Pressen menjadi intisari dari sistem battle, sekaligus memunculkan atmosfer strategi yang kental darinya. Tidak seperti game ala Batman: Arkham yang memungkinkan Anda untuk melakukan serangan beruntun dengan hanya satu tombol, Remember Me menuntut Anda untuk menyerang dalam pola khusus untuk memastikan serangan yang berkesinambungan. Seperti game fighting, begitu Anda gagal melakukannya, maka serangan Anda akan berhenti dan Anda harus mengulang dari awal lagi. Menjadi krusial karena tidak hanya menjadi jaminan untuk memberikan damage yang lebih besar, tetapi juga efek tertentu.

Lantas apa yang membuat aspek ini terlihat strategis? Karena pada dasarnya, Anda akan diminta untuk merangkai kombinasi serangan yang Anda inginkan sendiri. Setiap pukulan yang dilontarkan Nilin di dalam kombo akan menghasilkan efek tertentu – Regen untuk memberikan efek healing, Power untuk damage besar, Chain untuk meningkatkan efek dari pukulan sebelumnya, dan Cooldown untuk mempersingkat waktu tunggu dari serangan spesial S-Pressen yang tidak kalah pentingnya. Walaupun format serangan sudah ditentukan, Anda tetap memiliki kebebasan untuk mengkombinasikan Pressen seperti yang Anda inginkan di setiap kombo serangan. Anda bisa membangun 4 – 6 serangan kombo untuk menghasilkan damage murni atau menjadikannya ujung tombak regen, atau Anda bisa mengkombinasikannya untuk menghasilkan efek yang lebih beragam. Semuanya tergantung pada gaya Anda bermain.

Tidak seperti game action lainnya yang memuat serangan sederhana yang memungkinkan Anda melakukan kombo dengan hanya satu tombol. Remember Me tampil tak ubahnya sebuah game fighting. Anda harus mengeksekusi rentetan tombol dengan tepat untuk menghasilkan serangan berkesinambungan.
Tidak seperti game action lainnya yang memuat serangan sederhana yang memungkinkan Anda melakukan kombo dengan hanya satu tombol. Remember Me tampil tak ubahnya sebuah game fighting. Anda harus mengeksekusi rentetan tombol dengan tepat untuk menghasilkan serangan berkesinambungan.
Anda diberikan kebebasan untuk menciptakan kombinasi serangan Anda sendiri. Setiap serangan Nilin yang disebut sebagai Pressen, akan menghasilkan efek tertentu.
Anda diberikan kebebasan untuk menciptakan kombinasi serangan Anda sendiri. Setiap serangan Nilin yang disebut sebagai Pressen, akan menghasilkan efek tertentu.

Anda juga akan bertemu dengan beberapa boss fight  sepanjang progress permainan.
Anda juga akan bertemu dengan beberapa boss fight sepanjang progress permainan.
Sayangnya, fokus yang terlalu berlebihan pada sistem kombo ini membuat tingkat kesulitan Remember Me di sisi battle cukup membuat frustrasi. Anda harus mengingat setiap kombo yang ada dan efek yang mungkin ia hasilkan, memastikannya tetap berjalan berkesinambungan, sembari memastikan Anda terus menghindari dari serangan musuh yang aktif. Ini tentu bukan masalah jika Anda hanya harus bertarung melawan 1-2 musuh dalam satu layar. Bayangkan jika proses kompleks ini dihadapkan pada 6-7 musuh secara sekaligus, yang masing-masing memiliki serangan spesial dan kelemahan uniknya masing-masing. Butuh kehati-hatian ekstra sebelum Anda bergerak membabi buta. Selain finishing move Overload yang bisa digunakan setelah memberikan damage dalam jumlah tertentu, Anda bisa mengandalkan kemampuan super Anda – S-Pressen untuk lari dari keadaan yang tidak menguntungkan.

Mengumpulkan bar Focus dalam jumlah yang cukup, Anda bisa mengakses skill instan ini untuk memunculkan efek pertarungan tertentu dalam pertempuran. Ada Sensen DOS yang  mampu membekukan musuh di sekitar Nilin, Sensen Fury untuk ekstra damage yang bisa dieksekusi tanpa perlu memperhatikan kombo sama sekali, Logic Bomb untuk memberikan serangan area, Rust in Pieces yang memungkinkan Anda untuk menghancurkan secara instan atau mengendalikan robot yang berada di medan pertempuran, dan Sensen Camo untuk membantu Nilin menghilang dan mampu mengeksekusi Overload untuk target manapun yang ia inginkan. S-Pressen akan menjadi fitur krusial untuk memastikan Anda bisa bertahan hidup di tengah gempuran jumlah musuh yang masif.

Menghasilkan damage yang cukup, Nilin dapat melakukan Overload untuk mengeksekusi setiap musuh yang ada.
Menghasilkan damage yang cukup, Nilin dapat melakukan Overload untuk mengeksekusi setiap musuh yang ada.
Bagaimana jika Anda harus berhadapan dengan musuh dalam jumlah masif? Tenang saja, Nillin juga dibekali dengan serangan spesial S-Pressen yang membutuhkan bar fokus untuk dipicu. Setiap Pressen khusus ini akan mempermudah pertarungan tangan kosong Anda.
Bagaimana jika Anda harus berhadapan dengan musuh dalam jumlah masif? Tenang saja, Nillin juga dibekali dengan serangan spesial S-Pressen yang membutuhkan bar fokus untuk dipicu. Setiap Pressen khusus ini akan mempermudah pertarungan tangan kosong Anda.
Logic Bomb!
Logic Bomb!
Anda juga akan berhadapan dengan serangkaian puzzle yang akan menghalangi Anda untuk mencapai area selanjutnya.
Anda juga akan berhadapan dengan serangkaian puzzle yang akan menghalangi Anda untuk mencapai area selanjutnya.
Tidak hanya bertarung dari satu area ke area lainnya, Nilin juga akan dihadapkan pada serangkaian puzzle untuk memastikan progress cerita berlanjut. Otak Anda akan diajak memutar lebih keras seiring dengan beberapa kemampuan baru yang didapatkan Nilin dari sisi cerita yang ada.

Memory Remix yang Super Unik

Memory Remix menjadi salah satu fitur super unik Remember Me.
Memory Remix menjadi salah satu fitur super unik Remember Me.
Jadi apa yang membuat Remember Me berbeda dengan sebagian besar game serupa yang bertebaran di pasaran? Sistem battle menantang yang menjadikan kombo sebagai fokus hanyalah satu dari beberapa kelebihan yang membentuk identitas unik ini. Namun Memory Remix lah yang menjadi primadona dan membuat Remember Me terlihat begitu memesona. Di beberapa titik cerita, Nillin memang dituntut tidak hanya sekedar menundukkan atau mencuri ingatan para lawan beratnya, tetapi juga menjadikan mereka sebagai ally yang dapat diandalkan di masa depan. Salah satu caranya? Dengan memodifikasi memori mereka supaya berjalan sesuai dengan arah yang sesuai dengan agenda utama kita.

Tak ubahnya seorang sutradara yang berusaha mengubah ending dari sebuah film, Anda bisa memodifikasi beberapa elemen dalam ingatan untuk mengubah memori target Anda.
Tak ubahnya seorang sutradara yang berusaha mengubah ending dari sebuah film, Anda bisa memodifikasi beberapa elemen dalam ingatan untuk mengubah memori target Anda.
Setiap konsekuensi dari perubahan yang Anda lakukan akan terlihat secara real-time.
Setiap konsekuensi dari perubahan yang Anda lakukan akan terlihat secara real-time.
Tak ubahnya seorang sutradara yang tengah melakukan proses editing di salah satu frame adegan utama, Anda akan disuguhi memori krusial yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah opini sang target penting ini. Dengan memodifikasi tata letak benda, kejadian, atau bahkan hadir atau tidaknya seseorang dalam ingatan tersebut, Anda akan berhadapan dengan adegan yang memperlihatkan kesinambungan efek dari perubahan yang Anda lakukan secara real-time. Mengkombinasikan beberapa perubahan di elemen-elemen kecil ini, Anda bisa mengarahkan hasil akhir memori sesuai dengan yang Anda inginkan. Mekanisme unik ini memang dapat diselesaikan dengan beberapa proses trial dan error, dengan sedikit suntikan logika, tetapi tetap tidak menghilangkan pesonanya sebagai salah satu unjuk kekuatan Nilin yang sesungguhnya.

Potensi yang Tidak Tergali!

Dontnod memang harus diakui membangun dunia Neo Paris 2048 yang indah. Namun fakta bahwa Anda tidak dapat menjelajahinya secara bebas seolah mencedarai potensi untuk menjadikan Remember Me sebagai salah satu game terbaik yang pernah dilahirkan Capcom dalam beberapa tahun terakhir ini.
Dontnod memang harus diakui membangun dunia Neo Paris 2048 yang indah. Namun fakta bahwa Anda tidak dapat menjelajahinya secara bebas seolah mencedarai potensi untuk menjadikan Remember Me sebagai salah satu game terbaik yang pernah dilahirkan Capcom dalam beberapa tahun terakhir ini.
Sebagian besar gamer memang mengantisipasi kehadiran Remember Me sebagai sebuah game open-world. Gamer mana yang dapat menolak pesona dan kesempatan untuk menjelajahi setting Neo Paris yang futuristik secara bebas, sembari memastikan Nilin bergerak layaknya seorang manusia super yang tidak kenal rasa takut. Namun impian ini buyar begitu saja begitu Anda menjajal game yang satu ini. Dontnod memang menawarkan sebuah dunia yang memanjakan mata, merepresentasikan skenario masyarakat modern dengan teknologi yang luar biasa, sekaligus mencerminkan berbagai aspek gelap yang mungkin lahir darinya. Masalahnya Anda tidak punya kebebasan untuk menjelajahi sudut kota ini dengan bebas.

Neo Paris direpresentasikan dengan sangat baik, menawarkan artsitektur futuristik dan gaya hidup manusia modern yang tetap terbagi untuk kelas mereka yang kaya dan miskin. Memori menjadi komoditas, bahkan mampu menimbulkan kecanduan, dengan robot yang bertebaran, didesain untuk mengerjakan semua pekerjaan yang dibenci manusia. Anda akan melihat toko-toko masa depan, bangunan kota yang medulang tinggi di kejauhan, dan sudut-sudut kota gelap yang mengancam setiap kali Anda bergerak menyusuri alur yang sudah ditentukan. Sayangnya, Anda tidak akan diberikan kesempatan sama sekali untuk menjelajahinya. Semua desain hanya sekedar kosmetik, membuyarkan semua impian yang sempat memosisikan Remember Me sebagai sebuah game open world. Dengan desain gameplay yang ada, ia memang lebih cocok disebut sebagai sebuah game action platformer.

Mekanisme Memory Remix ini juga akan jauh lebih menarik jika ia diposisikan tidak sebagai scripted event, tetapi cabang plot yang memungkinkan Nilin untuk hidup dengan konsekuensi akhir dari modifikasi memori apapun yang ia suntikkan kepada target.
Mekanisme Memory Remix ini juga akan jauh lebih menarik jika ia diposisikan tidak sebagai scripted event, tetapi cabang plot yang memungkinkan Nilin untuk hidup dengan konsekuensi akhir dari modifikasi memori apapun yang ia suntikkan kepada target.
Namun bukan platfomer ala Prince of Persia yang membuat Anda harus memutar otak dan mencari jalur sendiri sebelum dapat bergerak ke area selanjutnya. Platformer yang ditawarkan Remember Me terhitung sangat dangkal dan tidak menantang. Dontnod menyuntikkan UI yang akan secara otomatis memberikan arah yang harus Anda tempuh, yang sebagian besar bisa diselesaikan dengan sekedar memanjat dan melompat dari satu ke tempat lainnya. Tentu tidak ada kebebasan untuk melompat dan berjalan ke tempat-tempat yang justru terlihat menarik untuk dijelajahi.

Dengan setting yang ia tawarkan, Dontnod sebenarnya berpotensi untuk melahirkan Remember Me sebagai salah satu game open-world terbaik di pasaran, namun gagal digali. Kesempatan untuk menjelajahi Paris dalam setting futuristik seharusnya menjadi nilai jual yang dipertimbangkan sejak awal pengembangan. Potensi lain yang terlewatkan? Bahwa kita tidak bisa bermain dan melanjutkan jalan cerita sesuai dengan hasil akhir Memory Remix yang kita lakukan. Membayangkan cabang jalan cerita yang lebih bebas sesuai dengan konsekuensi yang kita tuai akan kian menyempurnakan game yang satu ini. Sayangnya juga terlewatkan oleh Dontnod.

Kesimpulan

Remember Me part 2 (3)
Remember Me mampu lahir sebagai sebuah game action yang menarik untuk dijajal. Keunikan tema dan beberapa mekanik yang ia tawarkan memastikan posisinya sebagai sebuah IP baru yang segar dan tidak sekedar bergerak mengikuti gameplay mainstream seperti game-game bergenre serupa yang dirilis belakangan ini. Jika saja Dontnod mampu memanfaatkan potensi-potensi ini, Remember Me akan muncul sebagai salah satu game terbaik yang pernah dilahirkan Capcom dalam beberapa tahun terakhir ini.
Dengan ekspektasi yang tinggi, terutama lewat rangkaian klaim yang sempat menyebutnya sebagai sebuah game open-world yang akan memungkinkan gamer untuk menjelajahi luasnya dunia futuristik Neo Paris 2084, Remember Me justru menawarkan sesuatu yang bereda. Dengan cita rasa gameplay yang lebih cenderung ke action platformer, Dontnod Entertainment – sang developer memang harus diakui berhasil merepresentasikan dunia fiktif masa depan yang pantas diacungi jempol, dari desain dunia, karakter, hingga cerita yang ada. Sistem battle menantang dan menarik yang ditawarkan membuatnya tidak mudah ditaklukkan begitu saja, apalagi dengan sedikit suntikan elemen strategi di dalamnya. Bagian terbaiknya? Fakta bahwa kemampuan modifikasi memori yang dikuasai oleh Nilin berhasil digarap dengan cukup baik, terutama ketika Anda terlibat dalam proses Memory Remix yang unik dan belum pernah diterapkan di game manapun sebelumnya.

Lantas, apakah ini berarti Remember Me ini hadir tanpa kekurangan yang berarti? Jika harus membicarakan kelemahan yang secara signifikan berpengaruh pada kualitas gameplay yang Anda temukan, maka ada beberapa aspek yang perlu pantas menjadi catatan. Fakta bahwa hampir semua desain lingkungan yang ditawarkan hanyalah sekedar untuk fungsi kosmetik dan tidak bisa dijelajahi secara bebas menjadi salah satu potensi yang gagal digarap oleh Dontnod. Sistem battle yang terlalu berfokus pada kombo juga akan membuat Remember Me tidak menarik di mata gamer-gamer tertentu, apalagi mereka yang tidak terbiasa dengan game-game fighting.

Namun terlepas dari kekurangan tersebut, Remember Me mampu lahir sebagai sebuah game action yang menarik untuk dijajal. Keunikan tema dan beberapa mekanik yang ia tawarkan memastikan posisinya sebagai sebuah IP baru yang segar dan tidak sekedar bergerak mengikuti gameplay mainstream seperti game-game bergenre serupa yang dirilis belakangan ini. Jika saja Dontnod mampu memanfaatkan potensi-potensi ini, Remember Me akan muncul sebagai salah satu game terbaik yang pernah dilahirkan Capcom dalam beberapa tahun terakhir ini.

Kelebihan

Remember Me (99)
Tidak hanya sekedar bertarung membabi buta, butuh pemikiran strategis dan kecekatan tersendiri untuk menaklukkan sistem battle Remember Me.
  • Desain Neo Paris 2048 yang memukau
  • Jalinan cerita yang solid
  • Memory Mix yang super unik
  • Sistem Battle yang juga menyertakan sisi strategi di dalamnya
  • Voice acts yang mendukung
  • Animasi Overload dan S-Pressens yang keren
  • Puzzle klasik

Kekurangan

Platformer yang sangat sederhana..
Platformer yang sangat sederhana..
  • Sistem combo yang terlalu mengekang
  • Tidak ada kebebasan untuk menjelajahi setiap setting yang ada
  • Platformer yang terlalu sederhana
Cocok untuk gamer: pencinta game action yang unik dan menantang, penggemar tema futuristik
Tidak cocok untuk gamer: yang membenci sistem kombo ala game fighting, yang mengharapkan sebuah game open-world dengan kebebasan eksplorasi.




sumber : http://jagatplay.com/2013/06/xbox/review-remember-me-potensi-yang-tidak-tergali/

0 komentar :

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys