Minggu, 16 Desember 2012

Home » » [review] Hitman Absolution

[review] Hitman Absolution

By
November 29, 2012   ·   
 

Plot

Welcome back, 47!

Diklaim berbahaya untuk The Agency, 47 diminta untuk menghabisi nyawa Diana, sang kontak yang sudah menemaninya sepak terjang sejak lama.

Sebagai permintaan terakhir, Diana menintipkan seorang anak bernama Victoria dan meminta 47 untuk melindunginya dari cengkeraman The Agency.

Dengan nilainya yang sangat tinggi, Dexter, sang pemilik perusahaan senjata besar – Dexter Industries pun tertarik pada eksistensi Victoria, semata-mata demi uang.

The Agency tentu tidak tinggal diam dengan aksi-aksi 47. Mereka juga mengirimkan jajaran pembunuh bayaran terbaik mereka yang dinamakan “The Saints”.

Petualangan untuk mencabut nyawa mereka yang berkepentingan dengan Victoria pun dimulai!

Siapa sebenarnya Victoria? Mengapa The Agency begitu tertarik dengan “anak ajaib” yang satu ini? Mampukah 47 menyelamatkannya dan selamat dari gempuran The Agency dan Dexter Industries? Apa yang sebenarnya direncanakan oleh Diana? Semua jawaban misteri ini akan terjawab setelah Anda memainkan Hitman: Absolution ini.

Pilih Metode Membunuh Terbaik Anda!

Pilih metode membunuh yang menurut Anda paling nyaman untuk dilakukan!

Berbeda dengan sebagian besar game action yang hanya meminta Anda untuk memuntahkan sebanyak mungkin peluru ke kepala musuh, Hitman selalu menawarkan sebuah pesona yang berbeda. Ia menonjolkan aspek stealth-based actionnya sebagai nilai jual utama. Walaupun berjalan dalam satu timeline utama, Hitman: Absolution akan terbagi ke dalam beberapa chapter utama. Setiap chapter akan memuat setting permainan dan target yang berbeda. Chapter sendiri akan selesai jika Anda berhasil menghabisi semua target yang ada dan berhasil melewati pintu jalan keluar utama tanpa tertangkap. Sementara metode pembunuhannya sendiri? IO Interactive memberikan kebebasan kepada Anda untuk menentukannya sendiri.

Kebebasan harus diakui, menjadi salah satu pondasi yang membuat Hitman: Absolution tampil begitu menarik dan adiktif. Sebagai seorang pembunuh paling efektif dan legendaris di The Agency, 47 memang “dituntut” untuk membunuh semua targetnya dengan cepat dan tepat. Menarik sekecil mungkin perhatian orang lain yang tidak menjadi target menjadi salah satu aspek yang juga diperhitungkan. Namun tentu saja, Anda memiliki kebebasan untuk memulai perang terbuka dan mulai berperan tak ubahnya seorang pembunuh psikotik yang trigger-happy, menghadirkan pengalaman yang serupa ketika Anda menjajal Max Payne atau Gears of Wars. Hebatnya? Tidak ada metode yang “benar” dan “pantas” sesuai dengan standar IO Interactive. Anda dapat menjadi 47 yang Anda inginkan!

IO Interactive sendiri memberikan kebebasan bagi Anda untuk menentukan gaya bermain terbaik Anda. Anda bisa membunuh setiap target utama secara stealth maupun non-stealth.

Walaupun tidak ada halangan bagi Anda untuk menjadi gamer trigger happy yang dengan tanpa ragu memulai perang terbuka, kami sendiri sangat merekomendasikan Anda bermain secara stealth. Mengapa? Karena pada dasarnya, ini menjadi syarat utama untuk menggali pengalaman yang ditawarkan Absolution secara maksimal.
Secara garis besar, ada dua metode permainan utama untuk Absolution: stealth dan non-stealth. Stealth berarti menghabisi semua target secara sembunyi-sembunyi dan meminimalisir jumlah korban non-target yang jatuh. Ini tentu saja menjadi motede terbaik untuk menyerap pengalaman Hitman secara maksimal. Anda akan dibawa pada permainan yang tidak hanya memacu adrenalin Anda karena atmosfer tegang yang secara konsisten hadir, tetapi juga gameplay yang menuntut Anda untuk memutar otak dan mempertimbangkan semua alternatif cara yang dapat dilakukan untuk menghabisi target. Kesabaran dan daya analisa tentu saja sangat dibutuhkan. Satu yang pasti, ia akan menawarkan sensasi yang jauh lebih sempurna daripada sekedar menembakkan Silverballers kepada siapapun yang Anda temui.

Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mampu menampilkan performa stealth secara maksimal. Pertama tentu saja memastikan bahwa tidak ada jejak eksistensi Anda tertinggal sama sekali. Anda harus memastikan bahwa setiap tubuh non-target tersembunyi di berbagai tempat yang memang sudah disediakan untuk  urusan yang satu ini. Satu tubuh saja yang ditemukan, maka menjadi ancaman yang krusial untuk keseluruhan operasi Anda. Yang kedua, tentu saja menyamar. Terlepas dari tampilannya yang eksentrik, 47 ternyata tidak berkeberatan untuk mengenakan baju apapun yang ia temui selama misi. Menyamar tentu saja menjadi cara terbaik untuk melakukan infiltrasi dengan cepat dan aman. Namun berhati-hatilah dengan logika yang mungkin akan menjadi bumerang Anda. Ingat, mengenakan baju yang sama dengan sebagian besar musuh yang sedang mengejar Anda adalah sebuah kesalahan besar dan justru berpotensi membuat Anda dicurigai. Contohnya? Para polisi akan lebih mudah mencegat, mencurigai, dan membuka penyamaran Anda jika Anda juga mengenakan baju polisi. Oleh karena itu, triknya adalah “mencuri” baju profesi yang paling jarang Anda temui di dalam satu chapter. Semakin sedikit orang yang harus Anda hindari, semakin sempurna jugalah penyamaran Anda.

Jangan pernah meninggalkan jejak eksistensi Anda. Pastikan Anda menyimpan setiap korban Anda di “tempat pembuangan” yang sudah disediakan.

Menyamar juga menjadi cara infiltrasi yang paling aman dan efektif. Namun berhati-hatilah, semakin banyak AI seprofesi di dalam level, semakin besar pula potensi Anda untuk dicurigai dan diungkap.

Buat setiap pembunuhan tak ubahnya kecelakaan, maka Anda dapat melenggang dari tempat perkara dengan mudah.

Menyembunyikan korban dan menyamar mungkin menjadi satu dari begitu banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung gaya permainan stealth Anda. Metode yang lain adalah dengan memaksimalkan setiap environmental kills yang bisa Anda lakukan di setiap chapter dan membuatnya terlihat seperti kecelakaan biasa. Setiap target utama yang menjadi incaran Anda biasanya memiliki rutinitas mereka sendiri, bergerak dari satu titik ke titik lainnya secara konsisten dan berkala. Untungnya, setiap kegiatan mereka selalu memiliki celah untuk dimanfaatkan dan membuat tugas Anda sebagai pembunuh jauh lebih mudah. Anda dapat memotong kabel listrik saat target buang air kecil dan menjadikan air seninya sebagai konduktor, atau sekedar meracuni makanan mereka, atau mungkin menembak berbagai properti di atas kepala mereka dan membuat kematian mereka terlihat sebagai kecelakaan biasa. Selain membuat tugas Anda lebih mudah, enviromental kills seringkali dilihat AI sebagai kecelakaan dan tidak akan memicu kecurigaan yang berlebih.

Namun bagaimana caranya Anda dapat menentukan objek dan situasi mana saja yang dapat Anda manipulasi? Jika Anda bermain di tingkat kesulitan normal, tugas ini ini dipermudah dengan sebuah fitur baru yang disebut dengan Instinct. Jika ingin disejajarkan, Instinct tak ubahnya dengan eagle vision dari franchise Assassin’s Creed. Dengan mengaktifkan kemampuan ini, instinct tidak hanya memungkinkan Anda untuk melihat tembus pandang, membantu Anda memerhatikan pergerakan setiap AI, Instinct juga akan memberikan indikator beragam objek yang dapat dimanipulasi untuk sekedar menimbulkan kekacauan atau bahkan membunuh sang karakter utama. Bar ini sendiri ini terkuras jika Anda menggunakannya dalam penyamaran atau melakukan point shooting. Cara mengisinya kembali? Dengan menyelesaikan setiap objektif dalam chapter atau dengan melumpuhkan musuh secara diam-diam.

Fungsi instinct tak ubahnya eagle vision di Assassin’s Creed. Namun tidak sekedar membuat Anda mampu melihat tembus pandang dan melihat pergerakan AI, Instinct juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain, termasuk point shooting dan untuk mempertahankan penyamaran.

Setiap aksi Anda akan dikuantifikasi.

Di sudut kiri atas, Anda akan menemukan sebuah HUD yang memperlihatkan skor yang mengkuantifikasi setiap aksi Anda. Setiap tindakan yang membuat Agent 47 terekspos ke setiap ancaman akan memunculkan nilai negatif, sementara stealth akan membuatnya netral dan bertahan di angka 0. Semakin tinggi nilai yang Anda dapatkan, maka semakin tinggi juga status Anda sebagai seorang assassin. Skor yang lebih tinggi akan membuka beragam upgrade terbaik untuk kemampuan 47 sendiri.

Tantangan Untuk Para Masochist!

Bagi Anda, gamer hardcore dan masokis yang butuh tantangan lebih, Hitman: Absolution menyediakan 5 tingkat kesulitan. Kesulitan tertinggi – Purist akan memaksa Anda untuk bermain sehati-hati mungkin sembari memutar otak tanpa clue sama sekali.

Ketika diperkenalkan pertama kali oleh Square Enix dan IO Interactive lewat serangkaian screenshot dan trailer, banyak penggemar Hitman yang khawatir bahwa game ini akan jatuh pada tren mainstream game action dan melupakan akarnya yang stealth-based. Kekhawatiran yang tentu saja berhasil disanggah sejak pertama kali menjajal game yang satu ini. Ketakutan lainnya ada pada tingkat kesulitan yang mungkin saja akan dipermudah untuk mengikuti kebijakan sebagian besar game saat ini, apalagi untuk menarik para calon gamer yang belum pernah mengenal franchise ini sebelumnya. Namun bagi Anda gamer Masohist yang ingin menyiksa diri dengan game ini, Hitman: Absolution menawarkan berbagai tingkat kesulitan untuk dipilih.

Instinct tidak akan memberikan hint apapun. Anda tidak bisa lagi melihat menembus dinding dan memerhatikan pergerakan musuh.

Tidak ada HUD apapun di tingkat kesulitan Purist, selain crosshair..

Normal memang terhitung sebagai tingkat kesulitan yang standar. Namun bagi Anda yang hardcore gamer, kehadiran instinct mungkin berpotensi mengacaukan permainan Hitman yang sesungguhnya di mata. Untungnya, game ini sudah datang dengan beberapa pilihan tingkat kesulitan yang akan menguji skill Anda sebagai seorang pembunuh. Tingkat kesulitan tertinggi adalah Purist, dimana semua HUD Anda akan hilang selain crosshair di tengah layar. AI musuh menjadi jauh lebih sulit, responsif, dan reaktif, dan Anda hanya akan dibekali dengan sedikit instinct tanpa kemampuan regenerasi. Bagian terbaiknya? Instinct tidak akan memberikan kepada Anda clue yang dapat digunakan untuk menyelesaikan setiap chapter. Tingkat kesulitan ini akan memaksa Anda berpikir sendiri dan menentukan jalur permainan yang menurut Anda logis secara akal sehat. O yeah, ini tentu saja menjadi mode untuk Anda yang masokis.

Penuh Dengan Easter Egg!

Croft??!!

Easter Egg berbentuk cameo dari franchise lain memang menjadi lelucon tersendiri yang menjadi identitas yang tidak terpisahkan dari Square Enix, terutama untuk game-game racikan developer Barat mereka. Setelah Deus Ex: Human Revolution yang memuat poster Final Fantasy XXVII di salah satu scenenya, kini giliran Hitman: Absolution yang mendapatkan perlakuan yang sama. Secara mengejutkan, Anda akan menemukan beberapa cameo dan easter egg menarik dari game-game yang juga dirilis oleh Square Enix. Kami berikan screenshot dari beberapa hal kecil yang kami temukan, easter egg yang tentu tidak asing lagi bagi sebagian besar gamer yang mengikuti perkembangan Square Enix.

Kesimpulan

Sensasi adrenalin konstan yang ia tawarkan serta kebutuhan kemampuan analisa dan daya pacu otak untuk memperhatikan setiap detail yang ada membuat Hitman: Absolution begitu menantang, menyenangkan, dan adiktif. Namun perlu diingat, pengalaman seperti ini hanya dapat Anda rasakan lewat gameplay yang berfokus pada metode yang stealth, bukan sekedar perang terbuka dan membunuh siapapun yang menghalangi misi utama Anda.

Kekhawatiran bahwa IO Interactive dan Square Enix akan terjebak untuk menciptakan sebuah seri Hitman dengan kesan action yang terlalu kental seolah sirna begitu saja begitu Anda menjajal Hitman: Absolution ini sejak pertama kali. Bertolak belakang dengan ketakutan ini, Hitman: Absolution justru hadir sebagai sebuah seri yang harus diakui, memesona dan menarik, baik bagi para penggemar lawas franchise ini ataupun mereka yang baru hendak mengenali sosok Agent 47. Penggunaan engine baru Glacier 2 yang luar biasa semakin memperkuat potensi yang mampu diciptakan oleh seri ini. Kebebasan yang ia tawarkan, plot yang tetap misterius hingga akhir cerita, hingga pembawaan sinematik menjadikan Hitman: Absolution tidak diragukan lagi, sebagai salah satu seri terbaik di sepanjang sejarah franchise Hitman.

Jika kita berusaha menggali kekurangan yang ada di game yang satu ini, maka tidak ada yang cukup signifikan untuk membuat Anda merasa tidak nyaman dan membenci Hitman: Absolution. Semua elemen diramu dengan proporsional dan baik untuk menciptakan pengalaman paling maksimal. Kami sendiri hanya menyayangkan minimnya varian enviromental kills yang dapat dilakukan di setiap chapter. Listrik, racun makanan, dan menjatuhkan benda dari langit-langit menjadi metode umum yang seringkali berulang. Padahal jika diseriusi, IO Interactive sebenarnya punya segudang kesempatan untuk menciptakan varian gaya membunuh yang lebih luas. Dengan ini, setiap chapter akan meninggalkan kesan unik yang tidak tergantikan.

Namun terlepas dari kekurangan tersebut, Hitman: Absolution telah berhasil membuktikan dirinya sebagai sebuah seri Hitman yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sensasi adrenalin konstan yang ia tawarkan serta kebutuhan kemampuan analisa dan daya pacu otak untuk memperhatikan setiap detail yang ada membuat Hitman: Absolution begitu menantang, menyenangkan, dan adiktif. Namun perlu diingat, pengalaman seperti ini hanya dapat Anda rasakan lewat gameplay yang berfokus pada metode yang stealth, bukan sekedar perang terbuka dan membunuh siapapun yang menghalangi misi utama Anda. MUST PLAY!

Kelebihan

Penyamaran yang……………………………luar biasa!

  • Engine baru yang luar biasa
  • Pembawaan plot yang lebih sinematik
  • Animasi eksekusi yang keren
  • Setting dan tata efek yang memanjakan mata
  • Kebebasan menentukan metode membunuh
  • Penuh dengan easter eggs!
  • Theme song yang mendukung atmosfer
  • Fitur baru – instinct yang menarik
  • Kostum-kostum lucu

Kelemahan

Varian enviromental kills yang lebih banyak tentu akan meninggalkan keunikan yang khas di setiap level. Potensi yang dilewatkan oleh IO!
  • Kurangnya varian enviromental kills yang ditawarkan
Cocok untuk: gamer penggemar franchise Hitman, penggemar game dengan stealth-based action
Tidak cocok untuk gamer: yang trigger-happy



sumber : http://jagatplay.com/2012/11/xbox/review-hitman-absolution-kembalinya-sang-pembunuh-legendaris/

0 komentar :

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys