June 18, 2013 ·
Dontnod Entertainment, berapa banyak gamer yang pernah mendengar nama
developer yang satu ini sebelumnya? Namun popularitas bukanlah standar
yang valid untuk menentukan seberapa baik game yang dihasilkan,
setidaknya di mata salah satu publisher raksasa asal Jepang – Capcom.
Lewat kerjasama keduanya, sebuah game action dengan tema futuristik –
Remember Me diperkenalkan dan akhirnya dirilis ke pasaran beberapa waktu
yang lalu. Segudang trailer dan screenshot memesona membuatnya masuk ke
dalam jajaran salah satu game yang paling diantisipasi di tahun 2013
ini. Pertempuran tangan kosong dalam sebuah dunia open world? Gamer mana
yang tidak akan tertarik untuk segera menjajalnya.
Namun konsep ini ternyata tidak berakhir seperti yang diharapkan.
Anda yang sudah membaca preview kami sebelumnya tentu sudah mendapatkan
sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Remember Me.
Alih-alih tampil sebagai sebuah game open world, Remember Me lebih
pantas disebut sebagai sebuah game action platformer yang terhitung
linear. Dunia yang dibangun memang merepresentasikan suasana futuristik
dengan sangat baik, namun tidak memberikan kebebasan apapun. Tetapi
kesan pertama ini tidak menghalangi kami untuk menjelajahi dunia Neo
Paris lebih dalam.
Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Remember Me? Mengapa kami menyebutnya sebagai game dengan potensi yang tidak tergali?
Plot
Selamat datang di Neo Paris 2048. Kemajuan teknologi telah membuat masyarakat berinteraksi dengan cara yang berbeda. Tidak hanya robot, tetapi juga mengandalkan pengalaman pada pertukaran memori. |
Selamat datang di Neo Paris 2084, dimana kemajuan teknologi telah
membuat dunia futuristik bekerja dengan skema yang bahkan berada jauh
dari bayangan kita. Tidak hanya para robot yang kini bergerak sebagai
instrumen utama untuk membantu manusia mencapai hidup yang lebih efektif
dan efektif, dunia kini juga menemukan satu cara baru untuk
mendefinisikan kebahagiaan: Memori. Ingatan kini menjadi salah satu
komiditi dan tulang punggung masyarakat modern di Neo Paris. Alih-alih
harus bergerak dan mengalami setiap pengalaman bahagia sendiri,
teknologi kini memungkinkan manusia untuk mengadopsi memori orang lain
untuk menciptakan sensasi yang sama. Tidak hanya itu saja, mereka juga
dengan mudahnya menghapus semua kenangan buruk yang tidak lagi mereka
inginkan. Memori kini tak ubahnya sebuah data.
Lantas siapa yang diuntungkan dengan teknologi dan ketergantungan
yang satu ini? Tentu saja Memorize – sebuah perusahaan global yang
memperkenalkan dan memonopoli pasar ingatan ini. Dengan menggunakan
teknologi Sensation Engine (Sensen) yang diadopsi oleh sekitar 99%
populasi dunia, Memorize tidak lagi sekedar menjadi kekuatan ekonomi
terbesar di dunia, namun perusahaan yang memiliki pengaruh kuat hampir
di semua sektor kehidupan. Kekuasaan tanpa batas dan kontrol membuat
Memorize membuat mereka mampu melakukan apapun yang mereka inginkan,
bahkan mengendalikan arah masyarakat dunia. Hanya satu kelompok yang
berani bertahan dan bertempur. Sebuah kelompok yang disebut Memorize
sebagai teroris, sebuah kelompok yang menamakan dirinya “Errorist”.
Terbangun di sebuah instalasi milik Memorize, Nilin berhasil melarikan diri berkat bantuan misterius dari Edge. Sebagai konsekuensinya? Ia kehilangan sebagian besar memori yang ia miliki. |
Menyadari dirinya merupakan bagian dari organisasi “Errorist” yang memiliki agenda untuk menghancurkan Memorize, Nilin kembali memulai pertempurannya. |
Nilin terbangun di salah satu pusat tahanan Memorize dengan ingatan
yang terancam terhapus secara total. Namun di titik yang kritis, ia
mendengar suara “Edge” yang memintanya untuk menyelamatkan diri dan lari
dari penjara Bastille. Kehilangan sebagian besar ingatan, lemah, dan
harus bertempur melawan para Leapers – kelompok yang kecanduan memori,
Nilin akhirnya berhasil bertemu dengan Tommy di sudut kota Neo Paris.
Lewat Tommy dan Edge lah, Nillin membuka sedikit tabir misteri tentang
identitasnya. Perannya sebagai Errorist di masa lalu membuatnya menjadi
target utama dan berujung pada penahanannya di Bastille. Mendapatkan
kembali senjata, kekuatan, dan sedikit memorinya, Nilin siap untuk
beraksi kembali dan memperjuangkan dua agenda utamanya: Menghancurkan
Memorize dan mendapatkan kembali ingatannya secara penuh.
Tidak hanya untuk kepentingan Errorist, perang yang dikobarkan Nillin juga demi mendapatkan kembali memorinya yang ditawan oleh Memorize. |
Kejutan apa yang menanti Nillin? Siapa dia sebenarnya? Apa sebenarnya tujuan Errorist dan Memorize? |
Mampukah Nilin melakukannya? Lantas apa sebenarnya agenda utama
Memorize dengan monopoli dan kekuasaan yang mereka miliki? Siapa
sebenarnya Edge? Apa pula agenda utama Errorist yang sesungguhnya? Semua
jawaban dari pertanyaan ini tentu saja bisa Anda dapatkan dengan
memainkan Remember Me ini.
Tantangan Besar di Mekanisme Battle
Remember Me menawarkan mekanisme battle yang unik dan menantang. |
Tidak perlu jauh-jauh seberapa unik dan menyegarkan konsep yang ditawarkan oleh game Capcom yang satu ini. Anda bisa mendapatkan atmosfer ini hanya dari mekanisme pertarungan tangan kosong yang disuntikkan Dontnod di dalamnya – Pressen. Pressen menjadi intisari dari sistem battle, sekaligus memunculkan atmosfer strategi yang kental darinya. Tidak seperti game ala Batman: Arkham yang memungkinkan Anda untuk melakukan serangan beruntun dengan hanya satu tombol, Remember Me menuntut Anda untuk menyerang dalam pola khusus untuk memastikan serangan yang berkesinambungan. Seperti game fighting, begitu Anda gagal melakukannya, maka serangan Anda akan berhenti dan Anda harus mengulang dari awal lagi. Menjadi krusial karena tidak hanya menjadi jaminan untuk memberikan damage yang lebih besar, tetapi juga efek tertentu.
Lantas apa yang membuat aspek ini terlihat strategis? Karena pada dasarnya, Anda akan diminta untuk merangkai kombinasi serangan yang Anda inginkan sendiri. Setiap pukulan yang dilontarkan Nilin di dalam kombo akan menghasilkan efek tertentu – Regen untuk memberikan efek healing, Power untuk damage besar, Chain untuk meningkatkan efek dari pukulan sebelumnya, dan Cooldown untuk mempersingkat waktu tunggu dari serangan spesial S-Pressen yang tidak kalah pentingnya. Walaupun format serangan sudah ditentukan, Anda tetap memiliki kebebasan untuk mengkombinasikan Pressen seperti yang Anda inginkan di setiap kombo serangan. Anda bisa membangun 4 – 6 serangan kombo untuk menghasilkan damage murni atau menjadikannya ujung tombak regen, atau Anda bisa mengkombinasikannya untuk menghasilkan efek yang lebih beragam. Semuanya tergantung pada gaya Anda bermain.
Tidak seperti game action lainnya yang memuat serangan sederhana yang memungkinkan Anda melakukan kombo dengan hanya satu tombol. Remember Me tampil tak ubahnya sebuah game fighting. Anda harus mengeksekusi rentetan tombol dengan tepat untuk menghasilkan serangan berkesinambungan. |
Anda diberikan kebebasan untuk menciptakan kombinasi serangan Anda sendiri. Setiap serangan Nilin yang disebut sebagai Pressen, akan menghasilkan efek tertentu. |
Anda juga akan bertemu dengan beberapa boss fight sepanjang progress permainan. |
Mengumpulkan bar Focus dalam jumlah yang cukup, Anda bisa mengakses skill instan ini untuk memunculkan efek pertarungan tertentu dalam pertempuran. Ada Sensen DOS yang mampu membekukan musuh di sekitar Nilin, Sensen Fury untuk ekstra damage yang bisa dieksekusi tanpa perlu memperhatikan kombo sama sekali, Logic Bomb untuk memberikan serangan area, Rust in Pieces yang memungkinkan Anda untuk menghancurkan secara instan atau mengendalikan robot yang berada di medan pertempuran, dan Sensen Camo untuk membantu Nilin menghilang dan mampu mengeksekusi Overload untuk target manapun yang ia inginkan. S-Pressen akan menjadi fitur krusial untuk memastikan Anda bisa bertahan hidup di tengah gempuran jumlah musuh yang masif.
Menghasilkan damage yang cukup, Nilin dapat melakukan Overload untuk mengeksekusi setiap musuh yang ada. |
Bagaimana jika Anda harus berhadapan dengan musuh dalam jumlah masif? Tenang saja, Nillin juga dibekali dengan serangan spesial S-Pressen yang membutuhkan bar fokus untuk dipicu. Setiap Pressen khusus ini akan mempermudah pertarungan tangan kosong Anda. |
Logic Bomb! |
Anda juga akan berhadapan dengan serangkaian puzzle yang akan menghalangi Anda untuk mencapai area selanjutnya. |
Memory Remix yang Super Unik
Memory Remix menjadi salah satu fitur super unik Remember Me. |
Tak ubahnya seorang sutradara yang berusaha mengubah ending dari sebuah film, Anda bisa memodifikasi beberapa elemen dalam ingatan untuk mengubah memori target Anda. |
Setiap konsekuensi dari perubahan yang Anda lakukan akan terlihat secara real-time. |
Potensi yang Tidak Tergali!
Neo Paris direpresentasikan dengan sangat baik, menawarkan artsitektur futuristik dan gaya hidup manusia modern yang tetap terbagi untuk kelas mereka yang kaya dan miskin. Memori menjadi komoditas, bahkan mampu menimbulkan kecanduan, dengan robot yang bertebaran, didesain untuk mengerjakan semua pekerjaan yang dibenci manusia. Anda akan melihat toko-toko masa depan, bangunan kota yang medulang tinggi di kejauhan, dan sudut-sudut kota gelap yang mengancam setiap kali Anda bergerak menyusuri alur yang sudah ditentukan. Sayangnya, Anda tidak akan diberikan kesempatan sama sekali untuk menjelajahinya. Semua desain hanya sekedar kosmetik, membuyarkan semua impian yang sempat memosisikan Remember Me sebagai sebuah game open world. Dengan desain gameplay yang ada, ia memang lebih cocok disebut sebagai sebuah game action platformer.
Dengan setting yang ia tawarkan, Dontnod sebenarnya berpotensi untuk melahirkan Remember Me sebagai salah satu game open-world terbaik di pasaran, namun gagal digali. Kesempatan untuk menjelajahi Paris dalam setting futuristik seharusnya menjadi nilai jual yang dipertimbangkan sejak awal pengembangan. Potensi lain yang terlewatkan? Bahwa kita tidak bisa bermain dan melanjutkan jalan cerita sesuai dengan hasil akhir Memory Remix yang kita lakukan. Membayangkan cabang jalan cerita yang lebih bebas sesuai dengan konsekuensi yang kita tuai akan kian menyempurnakan game yang satu ini. Sayangnya juga terlewatkan oleh Dontnod.
Kesimpulan
Lantas, apakah ini berarti Remember Me ini hadir tanpa kekurangan yang berarti? Jika harus membicarakan kelemahan yang secara signifikan berpengaruh pada kualitas gameplay yang Anda temukan, maka ada beberapa aspek yang perlu pantas menjadi catatan. Fakta bahwa hampir semua desain lingkungan yang ditawarkan hanyalah sekedar untuk fungsi kosmetik dan tidak bisa dijelajahi secara bebas menjadi salah satu potensi yang gagal digarap oleh Dontnod. Sistem battle yang terlalu berfokus pada kombo juga akan membuat Remember Me tidak menarik di mata gamer-gamer tertentu, apalagi mereka yang tidak terbiasa dengan game-game fighting.
Namun terlepas dari kekurangan tersebut, Remember Me mampu lahir sebagai sebuah game action yang menarik untuk dijajal. Keunikan tema dan beberapa mekanik yang ia tawarkan memastikan posisinya sebagai sebuah IP baru yang segar dan tidak sekedar bergerak mengikuti gameplay mainstream seperti game-game bergenre serupa yang dirilis belakangan ini. Jika saja Dontnod mampu memanfaatkan potensi-potensi ini, Remember Me akan muncul sebagai salah satu game terbaik yang pernah dilahirkan Capcom dalam beberapa tahun terakhir ini.
Kelebihan
Tidak hanya sekedar bertarung membabi buta, butuh pemikiran strategis dan kecekatan tersendiri untuk menaklukkan sistem battle Remember Me. |
- Desain Neo Paris 2048 yang memukau
- Jalinan cerita yang solid
- Memory Mix yang super unik
- Sistem Battle yang juga menyertakan sisi strategi di dalamnya
- Voice acts yang mendukung
- Animasi Overload dan S-Pressens yang keren
- Puzzle klasik
Kekurangan
Platformer yang sangat sederhana.. |
- Sistem combo yang terlalu mengekang
- Tidak ada kebebasan untuk menjelajahi setiap setting yang ada
- Platformer yang terlalu sederhana
Tidak cocok untuk gamer: yang membenci sistem kombo ala game fighting, yang mengharapkan sebuah game open-world dengan kebebasan eksplorasi.
sumber : http://jagatplay.com/2013/06/xbox/review-remember-me-potensi-yang-tidak-tergali/
0 komentar :
Posting Komentar